10 Frequently Asked Question Seputar Belajar Bahasa Inggris

aandzes.com • 10 Frequently Asked Question Seputar Belajar Bahasa Inggris – Beruntunglah bagi Anda semua yang menguasai bahasa Inggris! Yaa.. Bahasa internasional ini memang perlu banget di kuasai oleh siapa saja untuk berbagai kepentingan.

Tidak dapat di pungkiri juga bahwa saat ini banyak perusahaan yang mencantumkan penguasaan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat untuk melamar suatu pekerjaan. Jadi penguasaan bahasa Inggris ini menjadi sangat penting untuk bersaing dalam berbagai hal bukan?

Beberapa orang yang tidak belajar bahasa Inggris sebelumnya atau berbagai alasan seperti malas, ribet dan lain sebagainya waktu dulu di sekolah, mungkin saat ini akan merasa menyesal karena bahasa Inggris tidak hanya di gunakan untuk berbicara dengan orang-orang yang memang berasal dari negara dengan bahasa sehari-harinya menggunakan bahasa Inggris saja, namun saat ini banyak informasi yang hadir dalam bahasa Inggris.

Jadi agar Anda selalu up to date dengan kabar terbaru, penguasaan bahasa Inggris menjadi hal yang penting.

Banyak orang yang ragu atau bahkan malu untuk memulai belajar bahasa Inggris di sebabkan karena usia yang sudah bukan anak-anak lagi maupun lingkungan dan juga karena kesibukan yang menyita waktunya sehingga belajar bahasa Inggris tidak visa maksimal.

Selain itu ada juga hal aneh yang saya temui atas alasan seseorang tidak mau atau engfan belajar bahsa Inggris. Sebuah alasan yang saya pikir itu nyeleneh dan tidak masuk akal. Bayangkan, seseorang tidak mau belajar bahasa Inggris dengan alasan : “yang di tanyakan oleh malaikat saat di alam kubur nanti adalah bahasa Arab, bukan bahasa Inggris. Jadi bahasa Inggris tidak penting”.

Baiklah jika mereka tidak ingin belajar bahaaa Inggris itu adalah pilihan mereka.

Nah untuk sebagian orang yang benar-benar ingin belajar bahasa Inggris, mereka pun mempunyai banyaj pertanyaan seputar bagaimana tahap belajar dan lain sebagainya.

Saya cukup antusias dan bersemangat bila mengetahui seseorang ingin belajar bahasa Inggris tidak hanya karna saya menyukai bahasa I ggris itu sendiri, saya senang melihat orang lain keluar dari zona nyaman dan mulai belajar bahasa asing.

Setidaknya ada 10 Frequently Asked Question Seputar Belajar Bahasa Inggris dari orang-orang yang punya keinginan besar untuk dapat menguasai bahasa ini. Berikut adalah pertanyaan paling umum yang diajukan oleh banyak orang :

1. Saya ingin belajar bahasa Inggris.

Yeah.., Anda sudah memulainya! Dengan niat Anda untuk belajar bahasa Inggris, sebenarnya Anda sudah membuka pintu untuk memulainya lohh..

2. Apakah saya harus belajar grammar?

Tentu saja Anda perlu melakukan itu! Coba bayangkan dehh, kosakata bahasa Inggris sebagai batu bata dan grammar sebagai mortar yang menyatukan batu bata itu, tanpa mortar batu bata itu bisa runtuh! Kurangnya keterampilan tata bahasa atau grammar dapat menyebabkan kesalahpahaman yang memalukan.

Ssbenarnya sih ketika Anda mulai belajar bahasa Inggris, berbicara dan membangun kosa kata Anda lebih penting daripada mengkhawatirkan grammar yang benar. Namun, seiring kemajuan Anda, Anda perlu juga donk memasukkan lebih banyak tata bahasa ke dalam program pembelajaran Anda. Pada tingkat mahir, Anda harus berpikir lebih banyak tentang penggunaan bahasa Inggris yang benar. Dan pada akhirnya Anda harus bisa melupakan semuanya bersama dan mulai melakukan apa yang datang secara alami dalam proses belajar yang berlangaung.

Ada kesan umum bahwa belajar grammar adalah hal yang paling berat, tetapi bahasa Inggris sebenarnya bahasa yang jauh lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan banyak bahasa lainnya. Tentu saja, bahasa Inggris lebih dari sekadar menghafal aturan tata bahasa, tata bahasa harus dimasukkan ke dalam penggunaan bahasa sehari-hari, teori dan praktik harus berjalan beriringan.

3. Berapa lama saya bisa belajar bahasa Inggris sampai bisa?

Jawabannya adalah todak pasti dan bisa “Bervariasi”, hal itu juga tergantung pada berbagai faktor. Contohnya; motivasi Anda (Jika Anda harus bisa menguasai bahasa Inggris untuk dapat hadiah 10 juta, saya yakin dehh Anda akan belajar dengan sangat cepat). Contoh lain adalah tingkat bahasa Inggris yang ingin Anda peroleh, tidak semua orang perlu atau ingin fasih dalam bahasa kedua mereka bukan? Seseorang yang ingin menggunakan bahasa Inggris ketika berlibur ke luar negeri tidak memerlukan tingkat bahasa Inggris yang sama dengan seseorang yang membutuhkannya untuk tujuan bisnis. Akibatnya beberapa orang sudah dapat menguasai bahasa Inggris setelah 1 hingga 3 tahun, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu 4 tahun, 10 tahun, atau seumur hidup! Anda tidak dapat memberikan kerangka waktu yang akurat untuk belajar.

Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam bidang ini oleh banyak orang, ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektif dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa di antaranya adalah:

~ Akses ke bahan pengajaran dan pendidikan yang efektif memengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris.
~ Setiap orang memiliki perbedaan dalam kemampuan, motivasi dan kesiapan untuk belajar.
~Kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran linguistik, budaya, dan akademik pelajar.

4. Apakah belajar bahasa Inggris sulit?

Kalau saya bilang sih Tidak yaa, bahasa Inggris adalah bahasa yang mudah untuk mulai belajar karena :

  • Biasanya memiliki akhiran kata kerja yang mudah.
  • Terlepas dari beberapa kata kerja tidak beraturan, akhiran kata kerja mudah, dan hampir tidak berubah.
  • Kata sifat tetap sama untuk semua kata – tidak ada akhiran yang berbeda untuk dipelajari.
  • Kata ganti tunggal dan jamak untum ‘You/kamu’ adalah sama. Tidak perlu memutuskan apakah akan menggunakan kata sopan atau intim. “You” mencakup untuk semua.

5. Apakah Grammar sulit dipelajari?

Tidak, tata bahasa atau grammar tidak sesulit dari beberapa bahasa lain, seperti Jerman. Berterimakasih lah pada Perancis untuk itu. Pada 1066 William Sang Penakluk membawa serta bahasa Prancis ke Inggris dan juga kemampuan membangun istana yang mengesankan. Bahasa Perancis adalah bahasa resmi di Inggris selama hampir 300 tahun dan bahasa Inggris dipertahankan oleh orang awam. Sebagai akibatnya hampir semua akhir kata yang sulit, infleksi dan tanda gender dan kasus ditiadakan.

6. Apa saja hal paling sulit tentang belajar bahasa Inggris?

Hal yang paling sulit tentang belajar bahasa Inggris adalah :

  • Spelling and pronunciation atau ejaan dan pengucapan – ejaan kata mungkin tidak menunjukkan apa pengucapannya. Ini karena kata-kata bahasa Inggris berasal dari berbagai sumber, mempelajari bunyi ejaan fonetis, dan membuat serta menggunakan kamus yang bagus.
  • False friends – karena bahasa Inggris berasal dari dua sumber utama – Prancis kuno, dan Anglo-Saxon tua, ada kosakata kata yang sangat besar. Berhati-hatilah dengan kata-kata yang tampaknya serupa, mereka mungkin berasal dari bahasa Anda dan memiliki arti yang sama, ini disebut kognitif, atau mereka mungkin memiliki arti yang berbeda ini adalah kognitif salah (false friends).
  • Idiom – penutur asli bahasa Inggris menggunakan banyak idiom, yaitu kata-kata yang digunakan dengan cara yang tidak jelas artinya. Pelajarilah mereka, tetapi cobalah untuk tidak menggunakannya dalam rapat-rapat penting, dll. Mereka bisa saja terbuka untuk salah tafsir. Jika orang yang Anda ajak bicara tiba-tiba terlihat sangat terkejut, Anda mungkin salah menggunakan idiom.

10 Cara Belajar dan Menguasai Bahasa Inggris

7. Apakah ada perbedaan antara American dan British English?

Sayangnya jawaban untuk pertanyaan ini adalah “Ya”. Ada banyak perbedaan antara British dan American English seperti dalam pengucapan, ejaan, dan juga tata bahasa. Sebenarnya bahasa Inggris adalah bahasa pertama di banyak negara dan ada perbedaan di antara mereka semua, ini termasuk di Australia, Kanada, Irlandia, Jamaika, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Tidak jauh berbeda dengan bahasa Jawa yang akan agak berbeda di daerah satu dan lainnya.

8. Manakah yang lebih baik? British atau American English?

Nomor 8 dari 10 Frequently Asked Question Seputar Belajar Bahasa Inggris adalah tentang mana yang lebih baik diantara kedua aksen ini. Kalau itu sih tergantung juga pada bahasa Inggris mana yang paling Anda kenal? Jika Anda pindah ke AS atau lebih condong ke Amerika maka belajarnya yaa American English. Jika Anda akan bekerja untuk perusahaan Inggris maka belajar British English.

9. Apa yang saya perlukan untuk mulai belajar bahasa Inggris?

~ Yang pertama adalah Waktu. Yaa Anda perlu waktu untuk berlatih bahasa Inggris setiap hari, mendengarkan, berbicara, menulis atau membaca.
~ Sabar – jangan menyerah, belajar bahasa bisa menjadi proses yang panjang, tapi jangan panik.
~ Rasa humor – belajar bahasa Inggris harus menyenangkan, jadi bersenang-senanglah!
~ Memiliki guru bahasa Inggris yang baik atau teman yang berbahasa Inggris akan selalu membantu, Anda dapat belajar bahasa Inggris melalui buku dan kaset tetapi buku dan kaset tidak dapat menjawab pertanyaan atau membantu ketika Anda mengalami kesulitan.
~ Orang untuk berlatih – berkumpul dengan orang lain yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris, itu meningkatkan kesenangan dan mengurangi frustrasi. Bergabunglah dengan komunitas atau mulai lah sebuah klub bahasa Inggris namun jika Anda tidak dapat menemukannya di daerah Anda, bergabunglah dengan grup atau komunitas online.
~ Buku catatan kosakata – tulis kata-kata baru dalam buku catatan. Jangan menerjemahkannya, tetapi tuliskan kata baru ke dalam konteks dengan kalimat yang bermakna.
~ Kamus Inggris yang baik – bukan kamus Indonesia-Inggris yaa, tetapi kamus bahasa Inggris yang sebenarnya. Carilah arti kata-kata baru di sini terlebih dahulu, ini akan membantu Anda membangun kosakata Anda.

10. Apa cara terbaik untuk menggunakan pemutar DVD sehingga dapat membantu bahasa Inggris saya?

Menggunakan pemutar DVD adalah cara yang bagus untuk membantu Anda meningkatkan bahasa Inggris Anda. Pastikan DVD memiliki film atau program dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu Anda, baik sebagai kata yang diucapkan dan dengan sub-judul.

• Tonton DVD sepenuhnya hanya dalam bahasa Inggris (tidak ada terjemahan bahasa Indonesia).

• Tonton lagi (adegan demi adegan) dengan subtittle/terjemahan bahasa Anda. Ulangi adegan sesuai kebutuhan.

• Tonton lagi (adegan demi adegan) dalam bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris. Ulangi adegan sesuai kebutuhan.

• Tonton lagi dalam bahasa Anda sepenuhnya dengan sub-judul Bahasa Inggris.

• Jika Anda tidak mual menonton yang sama terus, tonton lagi dalam bahasa Inggris tanpa sub-judul.

Saat Anda menonton adegan demi adegan dalam film, catat kosa kata baru terutama frasa baru yang belum Anda ketahui sebelumnya dan buka Kamus untuk mencari tau artinya.

Originally posted 2019-07-18 06:08:06.