6 Cara Belajar Bahasa Inggris

6 Cara Belajar Bahasa Inggris


“Sok amat sih lu pake bahasa inggris segala.”

“Gak nasionalis banget lu sok pake bahasa inggris.”

Hmm … pernahkah ada yang bilang begitu saat kita menggunakan bahasa yang bukan bahasa kita (Indonesia)?

Terkadang orang yang bicara seperti itu adalah mereka yang tidak bisa berbahasa inggris atau memang tidak suka saja melihat orang lain menggunakan bahasa inggris.

Namun, berbanggalah bila kalian bisa berbahasa inggris.
Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin majunya perkembangan jaman, bahasa inggris sangat diperlukan.

Coba kita ingat, untuk masuk SocMed, Games, Komputer, defaultnya menggunakan bahasa inggris kan?

Belajar bahasa inggris juga cukup mudah dan tidak ribet lho.
Yang terpenting kita bisa memahami dan mengaplikasikannya.
Bahasa itu alat komunikasi, yang utama adalah bisa saling faham apa maksudnya.

Cara yang paling cepat untuk menguasai bahasa inggris sih dengan tinggal di negara dimana kesehariannya menggunakan bahasa inggris.
Dengan begitu, kita dituntut untuk dapat berbahasa sana.
Tapi cara ini akan cukup sulit.
Sudah lewati saja.

“You are never too young or too old to start learn English. Don’t make excuse to learn. What are you waiting for?”

Belajar bahasa inggris tidak melulu harus memakai buku tebal yang bikin kita jadi cepat bosan.
Banyak cara asyik yang dapat membuat kita belajar bahasa inggris tanpa ribet.

Belajar bahasa inggris ada 4 pokok yaitu Reading, Writing, Speaking, & Listening.

6 cara belajar bahasa inggris yang dapat dicoba salah satunya adalah :

  1. Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Mendengarkan musik berbahasa inggris akan membantu kita dalam listening.
Ini asyik lho, karena kita jadi bisa memperkaya kosa kata bahasa inggris.
Kita juga bisa mendengarkan musik sambil membaca liriknya, sehingga kita jadi tahu apa sih maksud dari sebuah lagu itu.

Kita juga diuntungkan karena dengan mendengarkan lagu tersebut, cara pengucapan (pronunciation) kita juga akan semakin baik.
Dari rutin mendengarkan lagu berbahasa inggris lama-lama kita juga akan terbiasa dan dengan sendirinya akan ikut bernyanyi.
Asyik bukan?

  1. Menonton Film Berbahasa Inggris

Bahkan kita tidak perlu pergi ke bioskop untuk menonton film berbahasa inggris.
Kita bisa membeli DVD film dan asyiknya, bisa diputar berulang kali.
Dari nonton film berbahasa inggris, kita juga bisa dapat kosa kata baru.

Jika memakai teks terjemahan bahasa indonesia, perhatikanlah setiap kalimat yang diucapkan oleh pemain di film itu lalu secepat mungkin geser mata ke teks terjemahan.
Dengan begitu kita akan tahu apa yang diucapkan oleh si aktor itu.

Cara kedua bisa pakai teks bahasa inggris.
Ini juga sangat membantu karena kita jadi tahu apa yang diomongin oleh si aktor dan bagaimana tulisannya.

  1. Membaca Buku Berbahasa Inggris (Koran, Novel, Buku Cerita Anak-anak)

Nah ini akan melatih reading.
Kita bisa membaca buku apa saja yang berbahasa inggris. Bisa juga membaca koran yang berbahasa inggris, flyer atau semacamnya.

Tidak apa-apa jika pada awalnya kita tidak tahu apa artinya, yang penting sudah ada yang nyantol di kepala.
Jika ada kalimat dan kata-kata yang kita rasa aneh, jangan sungkan untuk membuka kamus untuk mengetahui arti sebenarnya.

Kamus ini gunanya adalah sebagai penolong kita dalam belajar berbahasa inggris yaa, bukan guru utama.
Cobalah membaca buku anak-anak yang berbahasa inggris karena buku anak-anak lebih mudah kata-katanya sehingga kita dapat belajar lebih banyak.

  1. Membuat Status dengan Bahasa Inggris

Coba deh menulis diary atau membuat status di sosial media dengan bahasa inggris.
Ini dapat melatih grammar juga lho.

Jangan takut salah karena tidak sedang ikut test.
Palingan nanti akan ada yang iseng komen dan benerin saat kita nulisnya kurang lengkap.

Terkadang memang ada kata-kata atau ungkapan yang lebih ‘ngena’ saat memakai bahasa inggris dalam sebuah postingan status maupun ungkapan hati di buku diary.

Tapi tetap hati-hati juga ya teman-teman saat memposting tulisan berbahasa inggris jika tidak mau malu saat salah banget penulisannya.

Jika belum begitu yakin dengan apa yang akan diposting, sebaiknya cek dulu ke kamus.

  1. Ngobrol Dengan Orang Memakai Bahasa Inggris

Untuk dapat cepat bisa berbahasa inggris tentunya dengan praktek atau bicara langsung memakai bahasa inggris.

“Tidak ada teman ngobrol, Zee!”

“Oh, ya sudah ngomong sama diri sendiri aja deh.”

Namun, jangan ngomong sama diri sendiri di sembarang tempat juga, Nanti dikira aneh-aneh lagi.

Cobalah dengan merekam suara kita, lalu dengerkan rekaman itu.
Kira-kira sudah baik belum? sudah benar belum?

Terus latihan sampai ada teman yang bisa diajak ngobrol pake bahasa inggris.
Atau bisa juga latihan bareng Aandzee, sini.

Opsi lain jika tidak ada teman yang bisa diajak praktek bicara dengan berbahasa inggris, kita bisa bergabung dengan forum bahasa inggris atau komunitasnya.

Nah, disana sekalian bisa saling sharing antar anggota grup tuh.
Selain itu, pastinya sudah ada senior di dalam komunitas tersebut.
Jangan sungkan untuk minta tolong dan minta diajari oleh para kakak senior.

  1. Berpikir dengan Bahasa Inggris

“Hah, mikir pakai bahasa inggris?”

Yup! kita bisa berpikir dengan menggunakan bahasa inggris lho, misalnya :

‘Apa aku harus pergi’? (Should I go?)
‘Apa yang harus aku lakukan?’ (What should I do?) dan sebagainya.

Coba berpikir dengan bahasa inggris, yuk!


Agar dapat berbahasa inggris, selain bisa pakai 6 Cara Belajar Bahasa Inggris diatas, kunci lainnya adalah niat untuk belajar dan tidak malas!
Harus belajar terus-terusan.
Belajarlah setiap hari setiap waktu.
Saat ada waktu luang, manfaatkan untuk belajar supaya semakin lancar.

Bila sudah bisa berbahasa inggris, terus gunakan agar tidak lupa.
Meskipun sudah bisa tapi jarang digunakan dan dipraktekkan, yaa bakal luluh lantak juga.

Dapat menguasai atau setidaknya bisa berbahasa inggris adalah hal yang cukup penting saat ini, khususnya bagi adik-adik yang masih dalam usia remaja dan akan menyambut kemajuan yang selalu berubah setiap waktu.

Belajarlah yang giat dan sungguh-sungguh agar tidak menyesal di kemudian hari.
Saat ini dalam dunia kerja juga banyak yang menjadikan kemampuan berbahasa inggris sebagai salah satu syaratnya.

Jika suatu saat kita bertemu orang dari negara asing dan mereka bertanya kepada kita, setidaknya kita bisa menjawab pertanyaannya bahkan mungkin dapat membantunya kalau dia tersesat dan tidak tahu jalan.

“Ngapain belajar bahasa inggris kalau nanti di alam kubur kita ditanyain pakai bahasa arab sama malaikat.” << apakah akan ada kata-kata seperti ini di kolom komentar nanti?

Luv, zee!

Originally posted 2020-07-18 04:56:56.