Bangun Kebiasaan Proaktifmu!

Bangun Kebiasaan Proaktifmu! ~ Sebenarnya apa sih pengertian dari Proaktif? Kalo Menurut KBBI sih, Proaktif bermakna “Lebih Aktif “dan Pengertian Aktif sendiri adalah Giat (Bekerja, Berusaha) ; Dinamis atau bertenaga ; Mampu Beraksi dan bereaksi. Jadi Proaktif menurut KBBI bisa diartikan lebih Giat, Lebih Dinamis atau bereaksi lebih dibandingkan yang lain.

Namun pengertian proaktif seperti itu kah yang ingin kita obrolkan sekarang? Dalam bahasa manajemen, Proaktif banyak diartikan sebagai mengambil inisiatif. Sedangkan yang ingin kita bahas adalah proaktif lawan kata dari reaktif.

Reaktif dalam KBBI diartikan sebagai sifat cenderung, tanggap, atau segera bereaksi terhadap sesuatu yang timbul atau muncul. Orang reaktif biasanya selalu bereaksi terhadap stimulus yang timbul dari kondisi sekitar, Kalo tim bola kita kalah kita jadi bad mood seharian, kalo putus dari pacar kita bisa galau berbulan-bulan lamanya, klo cuaca hujan dan dingin kita jadi males bekerja. Kondisi mereka bergantung dari stimulus yang diberikan dari lingkungan sekitar.

Orang proaktif adalah orang yang bisa memiliki kemampuan memilih, saat tim bola kalah dia bisa memilih menerima dan tetap semangat bekerja, saat putus dari pacar kita bisa segera move on dan membuka hati kepada yang lain, saat cuaca dingin kita bisa memilih untuk rajin mengerjakan pekerjaan dibandingkan tidur-tiduran dibawah selimut.

Orang proaktif adalah orang yang fokus pada tindakan bukan berfokus pada sasaran tindakan. Pernah gak setiap stress, galau, dan lain sebagainya sempat berpikir seperti ini. “Seandaianya pacarku bisa mengerti ini”, “Seandaianya orangtuaku gak mendidikku secara kasar”. “Seandaianya bosku tidak terus-terusan membuat tekanan besar kepadaku” dan lain sebagainya.

Orang-orang yang seperti ini adalah orang yang reaktif, mereka fokus pada sasaran tindakan dari orang lain, fokus sama sikap pacarnya, fokus sama didikan orang tuanya, fokus sama tindakan dari bosnya. Mereka terlalu menghabiskan banyak tenaga dan pikiran memikirkan kenapa pacarnya gak bisa begini, kenapa punya bos yang kayak gini, berfokus pada sesuatu yang tidak bisa dikontrol secara langsung oleh mereka. Yaitu tindakan dari orang lain.

Baca Juga : Yuk belajar tentang model business canvas

Orang proaktif berfokus pada sesuatu yang bisa dikontrol secara langsung oleh mereka yaitu tindakan mereka sendiri, daripada berandai-andai pacar bisa seperti yang mereka harapkan, mereka berfokus pada apa yang bisa mereka lakukan. Mereka belajar untuk menjadi pribadi yang lebih bisa mendengar, belajar lebih peka, daripada berandai-andai bosnya tidak bersifat menakutkan, mereka belajar lebih menghormati, belajar lebih aktif. Jadi mereka bertanggung jawab akan dirinya sendiri, bukan menyerahkan hati dan sikap mereka dari tindakan orang lain.

Berbicara mengenai proaktif, Orang positif belum tentu proaktif, orang positif umumnya terlalu mengabaikan realita. Mereka sering tidak bisa melihat kondisi yang ada sekarang dan tetap berpegang teguh pada apa yang dipercaya dengan apapun kondisinya. Sedangkan orang proaktif adalah orang yang bisa mampu beradaptasi dengan kondisi dan keadaan. Tindakannya menyesuaikan dari apa yang bisa mereka lakukan sekarang.

Kebiasaan Proaktif sendiri adalah kebiasaan pertama yang perlu dibentuk dalam buku 7 Habits of Highly Effective People karangan Stephen Covey dari 7 kebiasaan lainnya. Kebiasaan itu perlu dibentuk, selalu belajarlah untuk menjadi lebih aktif dan menolak terpengaruh dari stimulus dari luar, so dari sekarang segera bangun kebiasaan proaktifmu!

Baca Juga : Ubah Cara Pandangmu maka kau akan mengubah hidupmu