Kebijakan Kewajiban Militer Tidak Berubah di Pemerintah Korea untuk BTS

aandzee.id • Kebijakan Kewajiban Militer Tidak Berubah di Pemerintah Korea untuk BTS – Sebagai ARMY (panggilan untuk para fans BTS) saat ini pasti was-was dan sangat cemas tentang WaMil atau Wajib Militer yang menanti idola mereka di depan mata.

Meski sudah ada yang berspekulasi dan berteori tentang hal ini, namun nyatanya Kebijakan Kewajiban Militer Tidak Berubah di Pemerintah Korea untuk BTS. Pemerintah Korea sendiri memilih untuk tidak mengubah kebijakan wajib militer untuk para warga negara Korea termasuk mega K-Pop grup BTS yang bernaung di bawah Big Hit Entertainment ini.

<script data-ad-client="ca-pub-1465180678589020" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Meski para penggemar BTS tidak ingin kehilangan salah satu anggota grup favoritnya untuk menjalani WaMil dan berharap agar pemerintah Korea membebaskan mereka dari WaMil atas semua prestasi yang telah diraih BTS di kancah musik, namun pemerintah Korea memilih untuk tidak memberikan kabar baik kepada para ARMY (penggemar BTS).

Pejabat pemerintah Korea baru-baru ini mengatakan bahwa negara itu tidak akan meningkatkan insentif bagi atlet atau musisi dalam pengecualian kewajiban militer.

Pemerintah Seoul membentuk gugus tugas tahun ini untuk membahas apakah akan mengubah aturan wajib militer untuk atlet, musisi dan artis atau tidak.

Seperti yang banyak di ketahui, pria Korea yang berusia antara 18 dan 28 tahun harus melayani setidaknya 21 bulan di militer. Atau hampir 2 tahun deh ya..

Sementara itu, atlet pria Korea dapat menghindari tugas wajib di militer lohh dengan syarat jika mereka memenangkan medali di Olimpiade atau naik podium di Asian Games, manfaat yang sama juga berlaku bagi mereka yang memenangkan tempat pertama atau kedua di kompetisi seni internasional. Buat mereka yang mengahrumkan nama negara dengan prestasi tadi, mereka bisa ter bebas dari wajib militer atau wamil.

Sebaliknya pemenang kompetisi musik pop seperti tangga album Billboard tidak diizinkan mendapatkan pembebasan militer yang artinya Jin BTS dan anggota lainnya harus tetap menjalankan kewajiban negara tersebut.

Hal ini tentu saja mendorong kritik untuk melanggar aturan yang telah berlaku hingga saat ini.

Namun nyatanya, pemerintah memutuskan untuk tidak mengubah kebijakan, hal ini berarti bahwa anggota BTS harus segera mendaftar ke militer mulai tahun 2020 meskipun mereka memenangkan begitu banyak kompetisi musik pop dan tentu saja sudah membawa hal besar ke ekonomi Korea karena pengaruh mereka yang mendunia.

Vokalis BTS, Kim Seok Jin atau yang lebih dikenal dengan nama panggung nya, Jin, yang lahir pada tahun 1992, tidak dapat menunda wajib militernya melebihi bulan Juni mendatang di bawah aturan saat ini.

Jin sendiri pernah berkata : “Sebagai orang Korea, itu wajar,” “Dan, suatu hari, ketika tugas memanggil kami akan siap untuk menanggapi dan melakukan yang terbaik.”

Jungkook, si golden maknae BTS yang lahir pada tahun 1997, dapat menunda wajib militernya hingga tahun 2026 sedangkan tenggat waktu untuk sang leader, Kim Namjoon atau RM untuk pendaftaran militer adalah pada tahun 2023.

Empat anggota BTS lainnya yaitu Suga, J-Hope, Jimin, dan V akan diminta untuk pergi untuk dinas militer paling lambat antara tahun 2022 dan 2024.

Masih harus di nanti dan dilihat juga bagaimana BTS serta agensinya Big Hit Entertainment akan berurusan dengan kepergian tugas militer Jin. Beberapa khawatir bahwa BTS akan berpisah, sementara yang lain berharap bahwa mereka akan tetap menjadi band yang beranggotakan enam anggota atau mungkin member baru akan di rekrut meskipun hal itu akan di tentang para penggemar Jin pada khususnya.

Namun menurut aku sendiri sebagai orang yang suka sama Jin, he should still go sihh.. Kenapa? Selain jalanin tugas nya sebagai warga negara yang baik, dengan menyelesaikan wamil nya, akan ada sense of pride gitu.. Dan tanpa perlakuan khusus dengan tidak jalanin wamil. Aku bakal lebih suka skenario itu sih ya meskipun BTS sudah nyumbang banyak banget deh buat Korea termasuk dalam bidang ekonomi ya kan.. Tapi BTS juga pria Korea pada umunnya dan aku percaya kok kalau mereka juga bangga jadi warga negara Korea dan bahkan mereka tetap pakai bahasa Korea untuk musik mereka.

Baca juga :
Alasan BTS Tidak Mulai Menyanyi Dalam Bahasa Inggris
BTS Mungkin Tidak Dapat Tampil Dengan Member Lengkap Dalam Tur Mendatang
Busan Melakukan Seluruh Persiapan Untuk Menyambut Acara BTS

Selain itu supaya menghindari kedengkian yang bisa saja muncul dari pihak lain. Nah kalau BTS mendapat perlakuan istimewa dengan tidak memenuhi wajib militer, nanti idol yang lain juga ask for the same thing.

Jadi aku dukung Jin tetap pergi untuk wamil dan Jin adalah bias aku di BTS yaa.. Bagaimana dengan kalian?

Setuju juga kan Jin tetap menjalankan tugas wamil nya? 😉

Baca juga :
Album Baru BTS Map Of The Soul: Persona
BTS Membagikan Foto Konsep Album Baru Mereka
Foto Konsep Album Baru BTS Volume 02
BTS Menginspirasi Tantangan Tentang Pertumbuhan Pribadi
BTS Merilis Video Teaser Kolaborasi Bersama Halsey
Kejutan Pada Konser BTS di Paris Dari Halsey Untuk ARMY