Ramai di Twitter Nikah Umur 16

Ramai di Twitter Nikah Umur 16

Beberapa hari ini sedang ramai di Twitter tentang video di YouTube oleh pasangan pengantin muda.
Si cewek berusia 16 tahun saat menikah, cowoknya sih sudah 25 tahun.

Sementara banyak gerakan yang mencegah ‘Pernikahan Usia Anak’, video yang diunggah oleh pasangan ini dinilai sebagai glorifikasi dan romantisme PUA.

Selain itu, ada kabar yang tersebar bahwa si cewek adalah pengantin pengganti yang tadinya dia akan menjadi seorang ‘pagar ayu’ dan naik status menjadi pengantin wanita.

Lalu kenapa sih hal ini jadi ramai di jagad Twitter?
Dengan adanya revisi UU Perkawinan baik pria maupun wanita batas usia pernikahan adalah 19 tahun yang disahkan pada akhir 2019, postingan pernikahan usia 16 tahun oleh pasangan ini seakan malah menginspirasi kaum muda untuk menikah secepatnya.

Diketahui, UU No 1/1974 pasal 7 menyebutkan Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 (enam belas) tahun. Dengan UU yang baru, baik pria maupun wanita batas usia pernikahan menjadi 19 tahun.
Pasangan ini menikah 2 minggu sebelum revisi UU disahkan.


Jadi awalnya sang pria, sebut saja Adi, akan melangsungkan pernikahan dengan Sarah.
Lamaran terjadi pada bulan Juli 2019 dan pernikahan direncanakan terlaksana pada September 2019.

Persiapan acara itu sudah hampir 100% termasuk hotel, dekor, catering, mahar, baju puluhan bridesmaid, hantaran, dan lain sebagainya. Namun, saat fokus dalam persiapan menuju hari H, ternyata ada masalah internal sehingga pernikahan Adi dan Sarah yang harusnya terlaksana pada bulan September itu akhirnya BATAL.

Keluarga Adi kabarnya sudah mengeluarkan biaya sekitar 1M untuk acara besar itu. Sebagai keluarga yang terpandang dan sangat berada (bisa dilihat dari kehidupannya), mungkin akan aneh jika pernikahan putra mereka gagal dilaksanakan bukan?

Akhirnya sekitar dua minggu sebelum revisi UU yang baru disahkan, Adi dan Salsa (si cewek usia 16 tahun, anak kerabat mamanya Adi) melangsungkan pernikahan.
Gempar deh … lamaran sama Sarah, nikahnya sama Salsa!

Lucunya, Salsa pada awalnya bakal menjadi panitia acara nikahannya Adi dan Sarah sebagai penyambut tamu. Eh ternyata Salsa menggantikan posisi Sarah sebagai mempelai wanita sampai akhirnya muncul rumor jika Salsa sengaja dijadikan pengganti karena sudah diketahui bibit bebet bobot keluarganya serta mama dari Adi dan mama Salsa adalah sahabat.

Bahkan saat pernikahan mama Adi, mamanya Salsa yang menjadi MC! selain itu, Salsa cantik banget. Meski usia Salsa masih belia, jika lihat dari foto di postingan Instagramnya sih sudah terlihat dewasa. Hmm … apa hanya perasaanku saja? I don’t know yah. Rumor lain karena nama depan Salsa adalah ‘S’, jadi cocok sebagai pengganti Sarah yang juga berinisial huruf ‘S’ di depan.

Hampir 100% persiapan pernikahan sudah diurus oleh Adi dan Sarah, lalu yang naik pelaminan malahan Salsa, bukan Sarah!
Parahnya lagi, teman-teman Sarah datang ke pernikahan Adi~Salsa dan memposting kebahagiaan mereka di Instagram.

Woa, bagaimana rasanya jadi Sarah yaa?
Sarah jadi sering memposting hal-hal berbau galau dan terlihat depresi meski sekarang sudah agak mendingan. Mungkin dia sudah mulai menerima kenyataan?

Ohya, dalam satu acara pernikahan itu ada dua pasangan yang menikah.
Adi dengan Salsa dan adik lelaki Adi bersama istrinya.
Akad nikah Adi dan Salsa sendiri telah dilangsungkan lebih dulu meski sebenarnya mereka akan melangsungkan pernikahan satu tahun kemudian, namun pihak keluarga Salsa percaya dengan tanggal yang baik, akhirnya pernikahan usia 16 tahun Salsa itu terjadi.
Mereka masih memakai UU lama No 1/1974 pasal 7.


Kita tidak tahu masalah sebenarnya kenapa pernikahan Adi dan Sarah bisa batal.
Bisa jadi kesalahan itu 50:50 atau kedua belah pihak saling terlibat dari kisah Ramai di Twitter Nikah Umur 16 ini. Larinya akan ke konten YouTube tentunya.

Untuk Salsa yang menikah di usianya yang masih belia, yaitu 16 tahun, bahkan KTP juga pastinya belum punya, mungkin akan terlihat sangat romantis bagi sebagian orang dan membuat gadis-gadis muda lain ingin mengikuti jejaknya yang nikah semuda itu.
Namun, kita semua tidak berada diposisi, situasi dan kondisi seperti yang Salsa jalani loh!
Adi dan Salsa terlahir dari keluarga yang berada, nikah mudapun, masa depan mereka akan terjamin.

Maksudku, buat kalian adik-adik manis yang masih muda belia, jangan langsung bercita-cita untuk menikah terlalu muda, setidaknya sampai batas usia minimal yang sudah ada di Undang-undang deh yaa (19 tahun).

Gunakan masa muda kalian untuk fokus belajar di Sekolah, raih cita-cita dan impian sebelum waktunya tiba untuk mulai membina rumah tangga.


“Menurut para pembaca, berapa sih usia ideal bagi pria dan wanita untuk menikah?”


Aandzee, berusia seperempat abad dan belum menikah.

Originally posted 2020-06-22 12:04:09.