Tips Menikmati Liburan Panjang yang Bebas Stress

aandzee.id • Tips Menikmati Liburan Panjang yang Bebas Stress – Setelah menjalani hari-hari yang menyibukkan, tentunya kamu perlu refreshing sejenak dan menikmati liburan agar saat kembali ke rutinitas, kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat.

Berlibur dengan pasangan, keluarga, anak-anak, bersama teman atau sabahat maupun melakukan perjalanan liburan solo atau sendirian tentunya memerlukan perencanaan juga donk yaa..

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata atau berlibur ke suatu tempat entah di dalam maupun luar negeri, kamu perlu merencanakan perjalanan itu jauh-jauh hari tentunya.

Hal itu agar kamu juga dapat mengatur kapan kamu akan menikmati liburan yang mengasyikkan dan tidak terlupakan!

Meskipun berlibur dapat membantu kamu melepaskan diri sejenak dari kesibukan dan tekanan, liburan tetap berpotensi menimbulkan stress lohh..

Lalu apa sihh yang harus di lakukan agar kamu benar-benar bisa menikmati liburan panjang yang menyenangkan tanpa ada gangguan?

Nah berikut ini adalah Tips Menikmati Liburan Panjang yang Bebas Stress :

Book in Advance

Tips Menikmati Liburan Panjang yang Bebas Stress

Jika sudah menentukan mau menikmati liburan panjang di suatu tempat, segeralah lakukanlah pemesanan baik itu tiket pesawat, hotel, maupun rental mobil sejak jauh hari sebelum rencana keberangkatan. Untuk tiket pesawat sendiri, biasanya harga tiket akan menjadi lebih murah jika pemesanan di lakukan jauh hari. Jika kamu beruntung, mungkin saja ada diskon yang menarik buat kamu untuk tanggal penerbangan yang sesuai sama jadwal liburan kamu lohh..

Be on Schedule

Jangan sampai deh kamu tiba dan pulang dari destinasi impian dengan tangan hampa! Sebelum pergi liburan ke tempat wisata tujuanmu, baiknya cari dulu informasi lewat internet untuk jadwal festival seni dan budaya lokal. Cari tahu juga apa yang sedang happening disana. Jadi kamu bisa menikmati pertunjukkan yang akan berlangsung selagi kamu berada di sana. Asyik bukan?

Ohya, untuk penerbangan, jadwal penerbangan pagi lebih recommended yaa.. Karena biasanya lebih tepat waktu dibandingkan penerbangan setelahnya. Apalagi kalau kamu masih ngantuk, kamu bisa tidur pules dehh di pesawat selama perjalanan karena waktu juga masih pagi jadi kamu bisa nerusin tidur kamu. Dan ingat juga untuk meluangkan waktu ekstra untuk waktu keberangkatan yaa biar kamy tidak tergesa-gesa dan malah menjadi stredd karenanya.

Baca juga :
10 Kegiatan Wajib Saat Anda Berada di Singapura
Top 9 Tempat Wisata di Singapura
Tempat Wisata di Singapore Dekat Marina Bay Sands
Tempat Wisata Anak di Singapore
5 Taman Umum di Singapura yang Perlu Dikunjungi
Berbagai Acara Wisata di Singapura Bulan Mei Ini

Fully Charged

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka tidur di saat perjalanan, mencegah rasa jenuh dan kebosanan dalam perjalanan apalagi perjalanan yang panjang, pastikan perangkat hiburan kamu dalam kondisi baterai yang penuh dan telah kamu isi dengan lagu, film maupun permainan kegemaran kamu. Jadi kamu nggak akan merasa suntuk dengan perjalanan yang terasa menjenuhkan. Apalagi jika mesti duduk berjam-jam selama perjalanan kan?

Travel Lightly

Pokoknya kalau kamu udah cari informasi seputar tempat wisata tujuan, kamh juga jadi bisa mempertimbangkan kondisi cuaca disana saat mengepak barang yang kamu bawa. Pilih pakaian model konvensional namun multifungsi. Pertimbangkan juga saat membeli oleh-oleh agar kamu tidak sampai kelebihan bagasi yaa!

Physycally Prepared

Percayakah kamu kalau rasa lapar dapat mempengaruhi emosi? Maka dari itu, jaga asupan makanan dan sediakan makanan kecil di dalam tas yaa.. Agar saat kamu tiba-tiba merasa lapar, kamu udah punya cadangan makanan yang bisa buat mengganjal perut dulu sebelum kamu makan makanan utama. Selain itu, olahraga ringan namun rutin dan tidur yang cukup sebelum hari keberangkatan juga bisa memberi pengaruh positif. Jangan lupa siapkan juga obat-obatan yang mungkin diperlukan selama kamu menikmati liburan panjang.

Baca juga :
5 Homestay Murah di Dieng Wonosobo
5 Homestay Murah di Jogja Dekat Bandara

Mentally Ready

Tips Menikmati Liburan Panjang yang Bebas Stress dan cukup penting ialah dengan menyiapkan mental kamu buat liburan. Selalu ada hal yang tidak terduga dan bisa menimbulkan kemarahan selama perjalanan maupun di saat liburan. Karena itu, penting banget untuk menyiapkan rencana alternatif atau Plan B, tetap tenang dan terus berpikir positif.

LISENSE TO TRAVEL

Menggunakan jasa agen perjalanan bisa membuat perjalanan dan liburan kamu jadi lebih mudah. Pilihlah agen perjalanan yang terpercaya agar liburan kamu aman, nyaman, dan tentu saja tidak terlupakan!

Baca juga : 10 Rekomendasi Homestay di Ubud Bali
5 Homestay Murah di Area Kuta Bali
5 Homestay Murah di Daerah Ubud Bali

Get Informed

Kalau kamu memutuskan untuk memakai jasa agen perjalanan, perhatikanlah seluruh rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, logistik, lama perjalanan, akomodasi, hingga tur keliling yang di tawarkan. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai, aman serta nyaman. Kamu juga bisa mencari rekomendasi dari kerabat atau sahabat yang pernah menjalani liburan dengan agen atau lebih berpengalaman tentang perjalanan liburan. Selain itu pilihlah agen yang memiliki layanan pelanggan menyeluruh dan interaktif, baik mudah di hubungi melalui telepon maupun secara online.

Compare

Membandingkan harga yang di tawarkan dari satu agen dengan agen perjalanan lainnya itu tidak ada salahnya lohh.. Pastikan kamu dapat keuntungan dari agen perjalanan yang kamu pilih. Misalnya dari jenis hotel yang dipilih, jenis kendaraan yang di gunakan, jumlah lokasi wisata yang akan dikunjungi, serta lama waktu perjalanan yang akan dihabiskan.

See the Schedule

Sebaiknya hindari liburan saat peak season atau high season seperti libur Natal dan Tahun Baru, libur Lebaran maupun masa liburan Sekolah yaa.. Karena di saat peak season biasanya paket liburan menjadi lebih mahal. Sebaliknya, pilih lah liburan saat low season karena umumnya agen perjalanan menawarkan pakey liburan dengan harga yang lebih murah.

Baca juga :
5 Hostel Murah di Daerah Bugis Singapura
5 Rekomendasi Penginapan di Daerah Chinatown Singapura

Use the Internet

Bukan rahasia lagi dan sudah menjadi hal yang umum bila saat ini tiket dan reservasi hotel bisa dilakukan dengan mudah melalui internet atau secara online. Manfaatkan fasilitas dan layanan seperti agoda.com untuk mencari penginapan yang terjangkau dan sesuai kebutuhan kamu. Kamu bisa melakukan pemesanan dan pembayaran reservasi hotel tanpa perlu repot. Cukup klik dari smartphone kamu aja.

Insure Yourself

Hal yang tidak kalah pentingnya selain bebas dari stress adalah pastikan kamu mendapat asuransi dari agen perjalanan, apa saja yang di tanggung serta bandingkan dengan asuransi yang di tawarkan oleh agen perjalanan lainnya.

All in the Details

Perhatikan hal-hal sampai yang terkecil juga yaa.. Misalnya seperti siapa yang akan menjadi pemandu perjalanan atau tour guide kamu. Simpan kontak nya agar bisa kamu hubungi sewaktu-waktu. Perhatikan dan simpan itinerary perjalanan kamu juga. Jangan sampai dehh kamu tersesat karena keasyikan menjelajah berbagai tempat wisata dan malah membuat perjalanan menjadi terlambat.

Dengan merencanakan semuanya dari awal, buatlah liburan kamu semenyenangkan mungkin yaa..! Saat kamu kembali dari liburan dan kembali ke rutinitas harian, kamupun akan menjadi lebih segar dan penuh semangat untuk liburan selanjutnya.

Originally posted 2019-08-25 14:23:31.