Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Tepat Agar Awet dan Tahan Lama

aandzee.id • Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Tepat Agar Awet dan Tahan Lama – Dalam memasak setiap harinya, tentu saja kita menggunakan berbagai bumbu dapur yang beraneka ragam seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, rempah seperti jahe, ketumbar, daun salam, serai dan sebagainya.

Untuk menyimpan berbagai bumbu dapur yang berbeda dan beraneka ragam juga ada tips nya lohh..
Aku sendiri adalah tipe orang yang suka sama kerapihan. Jadi biasanya untuk menyimpan berbagai bumbu juga aku kelompokkan di masing-masing wadah.

<script data-ad-client="ca-pub-1465180678589020" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Hal itu dilakukan adalah supaya tidak hanya semuanya akan lebih rapi dan tertata, namun saat akan mengambil bumbu dan menggunakannya juga menjadi lebih mudah karena sudah di atur dan ditata di tempat nya yang tepat.

Bumbu dapur yang segar dan masih bagus juga akan mempengaruhi cita rasa dari masakan itu sendiri sehingga dengan mengelompokkan berbagai bumbi juga akan lebih mudahkan kita untuk menyortir bumbu atau barang yang sudah sekiranya tidak bisa di gunakan lagi.

Apalagi jika membeli bumbu dapur untuk di jadikan stok dan cukup banyak, memisahkan dan mengelompokkan bumbu dapur akan menjadi hal yang lebih praktis kedepannya.

Nah berikut ini adalah Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Tepat Agar Awet dan Tahan Lama :

Aneka Cabai

Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Tepat Agar Awet dan Tahan Lama

Sebagai penyuka makanan dan masakan pedas, tentu saja cabai adalah bumbu dapur yang selalu ada di dapurku. Hampir berbagai masakan harian aku menggunakan cabai. Entah itu cabai rawit atau cabai keriting selalu terlibat dalam pengolahan banyak jenis masakan.

Dari tumis kangkung hingga telor dadar, aku selalu menggunakan cabai untuk pelengkapnya.

Untuk menyimpan cabai agar bisa bertahan agak lama adalah aku menyimpannya ke dalam kulkas atau lemari es.

Suhu dalam kulkas yang cukup rendah akan dapat menjaga kesegaran cabai. Sebaliknya, bila menempatkan aneka cabai diluar ruangan akan mungkin membuat cabai mudah kering. Apalagi jika kamu menempatkan cabai di tempat yang tertutup, tapi bukan di kulkas, mungkin yang terjadi adalah cabai akan mudah busuk.

Nah biasanya aku juga memisahkan antara cabai rawit, cabai keriting maupun cabai hijau dalam wadah yang berbeda. Tujuannya tentu saja selain menjadikan kulkas lebih tertata rapi, aku juga jadi mudah saat mengambil apa yanh ku butuhkan serta aku jadi lebih mudah mengetahui cabai mana yang sudah hampir habis stoknya. Jadi bisa di rencanakan kapan aku harus membeli yang baru.

Tomat

Siapa nih yang suka menyimpan tomat di dalam kulkas dengan anggapan bahwa dengan begitu tomat akan menjadi segar?

Ternyata hal tersebut justru keliru lohh.. buah tomat sebaiknya tidak di tempatkan di dalam kulkas. Sebaliknya, simpan tomat dalam wadah terbuka dan pastikan tidak terpapar sinar matahari.

Jeruk Nipis

Untuk bahan jeruk nipis, aku menempatkan nya di dalam lemari es untuk menjaga jeruk nipis agar tetap segar.

Aneka Dedaunan

Jenis bumbu dapur dalam bentuk dedaunan seperti daun salam, daun jeruk, pandan, serai dan masih banyak lagi sebaiknya di tempatkan pada wadah yang tidak terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Sebab pancaran sinar matahari akan merubah warna dan tekstur dari daun menjadi kering. Aku biasanya menempatkan bahan bumbu ini di dalam wadah tertutup dan menaruhnya ke dalam lemari es dengan suhu yang tidak terlalu rendah.

Biji-Bijian

Nah untuk jenis bumbu dalam bentuk biji-bijian, seperti merica butir, ketumbar, kemiri dan masih banyak lagi, pada dasarnya adalah bumbu yang terbilang tahan lama bila disimpan.
Tapi bumbu ini mudah terkena jamur dan serangan dari serangga apabila kita tidak cermat memperhatikan cara penyimpanan bumbu jenis biji-bijian ini dengan baik.

Aku sendiri menyimpan bumbu jenis ini di dalam tempat yang tertutup dan terhindar dari cairan. Aku menggunakan toples kecil yang khusus untuk bumbu jenis ini dengan tutup yang rapat lalu disimpan ditempat yang aman yaitu tempat yang tidak memiliki suhu lembab.

Baca juga:
Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela
Resep Telur Balado Enak dan Mudah
Resep Kepiting Pedas Manis

Rempah-Rempah

Beberapa bahan yang termasuk kedalam rempah seperti kunyit, kencur, jahe, lengkuas, dan masih banyak lagi adalah bahan bumbu yang sering di gunakan sehari-hari sehingga banyak orang termasuk aku, sering membelinya dalam jumlah yang tidak sedikit.

Karna pembelian yang dilakukan cukup banyak, cara penyimpanannya juga harus benar agar bahan bumbu ini bisa awet dan tidak malah dibuang karena busuk atau malah mengering. Jika bumbu sudah kering maka aroma nya juga jadi tidak keluar dengan sempurna.

Nah untuk beragam jenis rempah ini sebaiknya tidak ditempatkan pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung dan terlalu berlebihan yaa.. hindari juga menempatkan bahan ini pada ruangan yang terlalu lembab sebab akan membuat mereka mudah busuk. Sebaiknya, setelah pulang ke rumah setelah membeli bahan bumbu ini segeralah keluarkan bahan-bahan ini dari dalam kantong dan letakkan pada wadah yang terbuka tanpa perlu dicuci.

Bila di cuci dulu lalu disimpan, malah akan mengundang proses pembusukan lebih cepat terjadi. Jadi mencucinya nanti saja setiap kali akan di gunakan yaa..

Bawang

Seperti halnya rempah-rempah diatas, aneka jenis bawang juga masuk kedalam kategori rempah dan paling sering aku gunakan saat memasak. Aku menyimpannya di dalam wadah terbuka dan dan tidak terlalu lembab agar bawang tetap dalam keadaan kering.

Itulah Tips Menyimpan Bumbu Dapur yang Tepat Agar Awet dan Tahan Lama. Ohyaa.. Tips diatas dibagi berdasarkan jenis dari bumbu dapur itu sendiri yaa.. Selanjutnya ada tips umum yang juga cukup penting untuk diperhatikan :

1. Jauhkan dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung.

Jangan tempatkan bumbu pada tempat yang terkena dengan pancaran sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan, paparan sinar matahari akan dapat membuat bumbu dapur cepat berubah warna, dan mengering.

2. Jauhkan dari Kompor

Pengaruh kompor pada bumbu masakan yang disimpan akan sama halnya seperti dengan pancaran sinar matahari. Apalagi bila kiya menyalakan api pada kompor dengan suhu yang tinggi dan sebagian apinya memancar pada bumbu dapur disekitarnya, maka hal itu akan dapat membuat bumbu menjadi kering. Bumbu yang kering biasanya akan mengurangi aroma pada saat digunakan menjadi bumbu untum aneka masakan.

3. Tempatkan Jenis Bumbu Tertentu dalam Wadah Masing-masing

Nahh.. Ini my favorite part, rempah dan berbagai jenis bumbu lain juga tidak terlepas dari pengunaan garam, gula dan juga penyedap untuk memberikan rasa pada sajian masakan yang dibuat. Untuk jenis bumbu dapur yang satu ini kita tidak boleh menyimpannya dengan sembarangan. Sebab hal ini akan mungkin membuat bumbu ini mudah tercampur dengan bahan-bahan lainnya. Maka dari itu, simpan lah bumbu dapur jenis ini dalam wadah yang tertutup agar aman. Selain bumbu tidak akan mudah tercampur dengan bahan lainnya, hal ini pun akan menghindarkan bumbu cepat tumpah atau terisi dengan cairan yang akan membuat bumbu menjadi menggumpal.

4. Berikan Label Pada Kemasan Wadah Bumbu

Setelah menempatkan berbagai jenis bumbu ke dalam beberapa wadah, seseorang akan cenderung kesulitan menghafalkan aneka jenis bumbu yang mereka tempatkan jika belum terbiasa. Apalagi untuk jenis bumbu yang bubuk atau bumbu yang dibuat dengan halus, kita perlu menempelkan label pada setiap wadah yang di pakai agar saat mencari salah satu dari bumbu itu, kita tidak akan kesulitan.

5. Segera Keluarkan Aneka Bumbu Dari Kantong Belanjaan

Umunya saat kita berbelanja berbagai bumbu masakan ini entah di pasar atau supermatket yang telah dalam kemasan, kita membawanya dengan kantong plastik atau kantong kresek bukan?

Segeralah buka kantong itu dan tempatkan bumbu di dalam wadah setelah sampai di rumah.

Aneka jenis bumbu terutama bahan-bahan yang segar seperti rempah, bumbu dedaunan dan lain sebagainya sebaiknya tidak ditempatkan dalam kemasan kresek. Sebab hal ini bukanlah tempat yang baik dan sesuai untuk menjaga agar bumbu tersebut awet dan tahan lama karena penggunaan kantong kresek tidak mampu menyerap uap yang keluar dari bumbu dan rempah yang kita beli. Akibatnya, suhu didalam kantong itu akan menjadi lembab dan beruap. Hal ini bisa menyebabkan suhu menjadi lembab dan mempercepat proses pembusukan pada bumbu yang kita beli.

Selain itu, tidak semua bahan bumbu akan baik dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu pada saat akan disimpan. Faktanya beberapa bahan seperti bawang-bawangan, rempah dan bahan lainnya bisa langsung kita sortir dan disimpan tanpa perlu dibersihkan terlebih dahulu. Proses pembersihan ini bisa kita lakukan pada saat hendak menggunakan bahan ini.

Selamat mencoba menyimpan dan menata aneka bumbu lebih awet dan tertata rapi lagi yaa!

Baca juga:
Resep Ayam Saus Mentega Tanpa Bumbu Ulek
Resep Ayam Udang Asam Manis
Resep Ayam Panggang Pedas dan Lezat
Resep Ayam Bakar Kecap
Resep Sate Ayam Lezat
Resep Ayam Goreng Gurih Krispi
Resep Ayam Bumbu Kuning Sederhana
Resep Opor Kuning Mudah dan Lezat